RSS

Mengabadikan Objek Bergerak

07 Oct

Mobil yang ngebut atau sepeda yang meluncur (di-onthel juga boleh) atau benda apapun yang bergerak bisa dipotret dengan teknik ‘panning’ sehingga latar belakangnya terlihat kabur memberi kesan seakan sedang bergerak dengan cepat, selain itu objek utama yang tajam kontras dengan latar belakang kabur biasanya sangat menarik.

Teknik panning ini adalah teknik memotret benda bergerak dengan kecepatan shutter yang relatif pelan dan kamera ikut bergerak searah gerakan benda yang dipotret. Dengan menggerakkan kamera searah gerakan benda diharapkan benda tersebut tetap terfokus tajam sedang objek lain menjadi kabur, silahkan lihat gambar ilustrasi terlampir.

Dalam gambar ilustrasi, posisi 1 adalah saat mulai menekan tombol shutter dan sensor kamera sudah mulai menangkap gambar, lalu posisi 2 kamera bergerak sesuai gerakan target, hingga ke posisi 3 sensor kamera selesai mengambil gambar. Kira-kira begitulah prinsip kerjanya, ingat ini hanya ilustrasi lho, pada kenyataannya mungkin gerakan kamera hanya sedikiiit saja.

Kecepatan shutter tergantung dari seberapa cepat gerakan benda target dan juga jaraknya dari kamera, bisa saja 1/250 detik untuk motret mobil balap F1 yg sedang ngebut atau 1/30 detik untuk motret sepeda, tidak ada patokan yang pasti jadi silahkan coba-coba saja sambil melihat hasilnya. Tapi jika menggunakan kecepatan lambat maka cahaya yang masuk bisa menyebabkan over expose, untuk menghindarinya ya gunakan setting apperture sekecil mungkin, sayangnya untuk kamera saku biasanya apperture paling kecil di angka f8, untuk kamera DSLR (beneran) bisa menggunakan angka lebih besar misalnya f22 atau gunakan saja setting Tv, time/speed priority biar kamera yang memilih apperturenya. Alternatif lain bisa menambahkan filter ND, neutral density, untuk mengurangi cahaya yang masuk.

Foto mobil ini diambil dengan kecepatan 1/15 detik, f5.6, ISO 80, IS (Image Stabilization) off, tanpa tripod/monopod, kebetulan saat itu sore hari sudah agak gelap dan mendung, sedang foto sepeda diambil dengan kecepatan 1/40 detik, f8, ISO 80, IS (Image Stabilization) off, juga tanpa tripod/monopod, pada pagi hari dengan cuaca cukup cerah sehingga sedikit over exposed.

Sebenarnya dengan olah digital secara software juga bisa mendapat efek yang sama tapi tentu saja harus dilakukan oleh orang yang ahli untuk mendapat efek se-realistis mungkin seperti foto dengan teknik panning ini.

Buat yang baru pertama kali mencoba mungkin bisa frustasi karena hasilnya kabur semua, jangan kawatir, memang agak susah untuk mendapatkan kecepatan gerak kamera yang pas dengan gerakan benda target, seperti yang sudah disebutkan di ‘disclaimer’ di atas, semua foto ini hanya kebetulan saja…

Sumber : http://kolomkita.detik.com/baca/artikel/28/91/memotret_mobil_ngebut

 
Leave a comment

Posted by on October 7, 2012 in fotografi

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: